KOMPUTER

"Kenali PC Anda"

Kamis, 24 Oktober 2013

Apa Itu Fan Komputer???

Terdapat 2 buah fan komputer  utama yang harus bekerja dengan baik pada komputer :
  • Kipas prosesor
    Kipas ini memiliki fungsi untuk membuah udara panas yang bisa diserap oleh heat.
  • Kipas Power Supply
    Kipas ini berfungsi untuk membuang udara panas pada semua komponen di dalam power supply.
Fan komputer atau kipas pendingin ini merupakan salah satu perangkat dari kelengkapan pada sebuah komputer. Adapun fungsi utama dari kipas ini adalah untuk mengeluarkan panas serta menggantinya dengan udara yang segar ke dalam supaya suhu di dalam CPU tetap terjaga dan masih bisa ditolerir oleh CPU.

Selain 2 kipas utama di atas, ada juga kipas tambahan yang fungsinya untuk pendukung kipas prosesor yaitu kipas harddisk dan juga kipas casing. Jadi fan komputer tersebut fungsinya tidak begitu penting karena hanya sebagai pendukung. Namun penambahan kipas ini pastinya bisa lebih membantu.

Akan tetapi fungsi tersebut bisa terganggu apabila terdapat debu pada baling-baling kipas dan menjadikannya semakin berat ketika berputar. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan tersendiri untuk membersihkan debu yang mungkin menempel dan harus dilakukan secara rutin agar kipas tetap bersih.

Akibat yang dapat ditimbulkan apabila fan komputer tidak terpasang ataupun rusak :
  • Apabila terjadi pada kipas prosesor, pastinya bisa berakibat fatal. Karena komputer tidak bisa loading. Adapun permasalahan terkecilnya yaitu komputer akan mudah restart atau bisa mati mendadak. Bahkan terkadang komputer tidak bisa dihidupkan lagi dan memerlukan waktu hingga prosesor dingin untuk bisa kembali nyala. Oleh karena itu fan komputer tersebut sangat penting.
  • Apabila terjadi pada motherboard dan prosesor yang telah dilengkapi dengan adanya sensor pendeteksi panas, maka komputer bisa mati dengan sendirinya dalam derajat panas tertentu. Hal ini dapat dibilang prosesor bisa lebih aman. Namun untuk motherboard dan prosesor tertentu yang belum dilengkapi maka bisa berakibat jebolnya motherboard dan prosesor.
  • Apabila terjadi di kipas power supply maka akibatnya juga tidak jauh berbeda. Komputer akan mudah restart karena hawa panas yang terjadi. Jika di biarkan, maka bisa berakibat matinya atau rusaknya power supply. Hal ini tentu bisa mempengaruhi harddisk dan motherboard juga tentunya.
Seperti yang kita tahu bahwa tanpa kita sadari fungsi dari kipas pada komputer tersebut memang sangat penting, karena bisa mengatur suhu di dalam agar komponen di dalam tidak terlalu panas. Itulah mengapa begitu pentingnya pemasangan fan komputer.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com


“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“