KOMPUTER

"Kenali PC Anda"

Sabtu, 16 Januari 2016

CARA GAMPANG MEMPERBAIKI HP ANDROID YANG MATI TOTAL




Smartphone Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak bisa restart seringkali terjadi dan dialami para pengguna Android. Masalah ini kerap membuat panik, dan putus asa. Bagaimana cara mengatasi smartphone Android boot loop, atau mati total ?
 Android adalah sebuah sistem operasi besutan Google yang saat ini sedang menjadi trend khususnya didunia smartphone, begitu banyak fitur, aplikasi dan game yang ditawarkan oleh sistem operasi yang satu ini. Hal tersebut yang membuat vendor smartphone menggunakan jasanya, namun terkadang masalah kerap muncul pada smartphone Android tersebut.
Salah satunya yakni HP tersebut mati total, kebanyakan dari kita pasti memilih untuk di service ke konter langganan. Sebenarnya jika kita ulik sendiri, masalah tersebut bisa kita perbaiki sendiri tanpa harus membawa HP ke konter. Pada kesempatan kali ini, kami akan meberikan tips kepada anda 3 Cara mengatasi HP Android mati total, berikut ulasan lengkapnya.

1. Lepaskan semua komponen yang terdapat pada HP Android
  • Lepaskan SIM Card, micro SD, baterai, dan komponen lainnya
  • Kemudian Tunggu hingga 20 menit
  • Setelah itu pasang kembali komponen yang dilepas tadi dan nyalakan HP tersebut
  • Apabila sudah nyala, maka langsung download untuk melakukan flashing
Jika cara pertama tidak berhasil, maka lakukan dengan cara yang kedua dibawah ini.
2. Sambungkan / colokan HP Android ke komputer menggunakan USB
  • Lepaskan dulu komponen (baterai, SIM card, dan juga micro SD)
  • Kemudian tekan tombol power, volume up, dan volume down hingga terdengan suara ‘beep’ pada komputer anda
  • Jika tidak terdengar bunyi, maka tekan ketiga tombol tersebut yang lama minimal 1-3 menit
  • Selanjutnya pasang kembali baterai
  • Jika berhasil masih ke download untuk melakukan flashing
Dan jika cara yang kedua juga tidak berhasil, maka alternnatif selanjutnya lihat pada cara yang ke tiga
3. Menggunakan software “One Click Unbrick” , berikut langkah-langkahnya:
  • Lakukan pada perangkat PC yang sudah ada program Java nya
  • Download software yang bernama One Click Unbrick tersebut
  • Sambungkan HP Android anda menggunakan USB ke komputer
  • Buka software One Click Unbrick
  • Kemudian Klik ‘unsoft brick’ pada software tersebut, tunggulah beberapa saat hingga pesan error muncul dan pilihlah opsi ‘Resolution Center’.
  • Setelah itu Klik menu ‘extract current folder’ pada bagian folder heimdall.
  • Lantas Copy file ‘one click loader’ dan ‘one click unbrick’ yang sudah didownload pada folder heimdall
  • Lalu Klik kanan pada software ‘one click loader’, dan pilih opsi ‘run as administrator’.
  • Klik menu ‘unsoft brick’, maka Pesan error akan muncul kembali dan biasarkan saja
  • Kemudian Lakukan restart pada komputer
  • Selanjutnya Lepaskan kabel data tersebut atau USB, dan lepaskan juga kartu SIM, micro SD serta baterai
  • Pasang kembali baterai
  • Masuk ke mode download dengan cara menekan tombol home + power + volume bawah.
  • Yang terakhir, lakukan flashing, apabila sudah berhasil
Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Cara mengatasi Android bootloop paling sederhana dan mudah adalah mengembalikan ke “setelan pabrik” atau “ Factory Reset “ melalui Recovery Mode.
Buat Anda yang belum tahu Factory Reset, perlu kami jelaskan, bahwa Factory Reset adalah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, seperti saat pertama kali beli, alias setelan langsung dari pabrik.

Beberapa Jenis Bootloop Android yang pelu diketahui :
Pertama, Android Light Bootloop
Biasanya karena pengguna ponsel Android,tablet pada saat pemakain normal,Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba Android, Tablet anda Reboot atau Restart otomatis, namun saat dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan berhenti disitu.
Kedua,Android Medium Bootloop
Biasa mucul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.
Ketiga, Android Hard Bootloop
Android hard bootloop terjadi karena kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.
Umumnya hampir setiap permasalahan pada HP dan tablet Android bisa diatasi dengan melakukan langkah Factory Reset. Namun, langkah ini bisa berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga perlu melakukan install ulang.
Sebaiknya, lakukan Factory Reset sebagi opsi terakhir, jika semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil. Jika yakin, tidak ada solusi dan cara mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset” dengan cara berikut :

Cara mengatasi Android Bootloop
Masuk ke menu Setting>> Privacy >> Factory Data Reset
Jika smartphone/HP/Tablet Android mati total, sama sekali tidak mau restart, bagaimana cara mengatasinya ?.
Lakukan “Factory Reset” dengan melalui prosedur Recovery Mode.
Recovery Mode adalah, pilihan solusi melalui menu pilihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.
Tidak semua HP/tablet Android tersedia menu tersebut, maka bisa menggunakan buatan pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .

Apa sih fungsi Recovery Mode. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami masalah sebagai berikut :
  1. Jika tablet/HP Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Dalam kasus HP/tablet/smartphone Android dapat dihidupkan, tapi tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Cara Mengatasi Android bootloop, mati total, tidak mau start
 Untuk mengatasi hal tersebut di ats lakukan factory reset via recovery mode
Cara melakukan factory reset via recovery mode secara ringkas dapat dijalankan dengan dua langkah berikut.
Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Sangat disayangkan jika Handphone Android kesayangan kita mengalami kerusakan hal tersebut tentu sangat tidak diharapkan karena Handphone androidnya mengalami kerusakan Mati total dalam artian Brick proses yang dinamakan Brick ini merupakan Hal error yang terjadi pada Boot manager di smartphone android anda yang mengalami kondisi Mati total dan tidak ada suatu proses tanda kehidupan pada HP Android anda .

Brick Merupakan suatu problem Error yang terjadi di Boot manager android kondisi ini terlihat mengenaskan karena pada umumnya android mengalami proses Mati Total yang mana HP android kita tidak adanya tanda kehidupan dalam arti tidak menyala dan tidak bisa Masuk pada Recovery Mode android dan Download Mode android .

Proses Brick biasanya terjadi karena adanya kesalahan dalam mengoprek System yang terdapat pada Android kita contohnya pada Salah Proses Edit Vold.fstab cara ini berguna untuk merubah Eksternal android menjadi Internal adapula pada Cara yang salah dalam Install ROM android  dan yang paling banyak karena temporary file / dalvik Cache yang menumpuk , Dalvik Cache meruapakan suatu file sampah pada masing - masing aplikasi android yang sudah terinstall , serta kerusakan Hardware yang terjadi karena kondisi fisik dan banyak lagi yang lainnya , Namun jika anda tahu tidak selalu proses Brick terjadi karena hal tersebut karena brick dapat terjadi tanpa alasan yang jelas .


Lantas bagaimana dalam mengatasi handphone android yang Brick ,apa dapat hidup Kembali proses? Setelah banyak yang mencoba tentang cara yang telah disarankan ternyata dapat berhasil mengatasi android yang brick mungkin orang tersebut tidak mengalami kerusakan yang terjadi pada hardwarenya , jika penyebabnya karena dari overclocking / flashing atau yang tergolong pada masalah software kemungkinan banyak yang berhasil dalam mengatasi brick . Nah untuk anda yang ingin Mengatasi Brick anda bisa simak cara berikut ini :

Brick di terbagi dalam dua jenis:
  • Soft brick
Masih bisa menyala akan tetapi stuck di layar booting / tidak mau booting (merespon ketika di charge).
Brick jenis ini masih ada kesempatan untuk diperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center HH yang bersangkutan.
  • Hard brick
Handphone tidak merespon saat di charge dan gak muncul indikator batre serta tidak mau menyala /Mati Total. Brick jenis Hard brick ini banyak diperbaiki dan dibawa pada service center.

Cara Mengatasi SoftBrick :
  • Masuk ke Download mode (dengan posisi HH TERPASANG di PC) dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini 
- Matikan telepon sampai Anda mendapatkan layar pengisian baterai 
- Tekan Volume naik, Volume bawah dan tombol Power sekaligus terus-menerus. 
- Segera setelah layar berubah hitam, lepaskan tombol power. 

  • Lepaskan telepon dari USB 
  • Buka Odin (dalam Administrator jika Anda menjalankan W7 atau Vista) 
  • Pasang di telepon dengan download mode (Volume Bawah + Power) 
  • Update OS dengan ODIN SOFTWARE (Flash ulang dengan stock firmware HH sobat) 
  • JANGAN MENGGUNAKAN .PIT SAAT FLASH
  • JANGAN CEKLIST REPARTITION
Cara Mengatasi HardBrick : 

1. Cara penanganan HardBrick tanpa Aplikasi :
  • Cara pertama : Copot semua yang menempel di Android anda seperti Simcard, Memorycard, dan baterai. diamkan hingga 10-20 menit.Setelah itu Pasang kembali dan coba nyalakan. Jika berhasil menyala dan bisa masuk ke download mode, segera lakukan Flashing .
  • Cara Kedua : Jika penanganan diatas tidak berhasil maka Copot simcard, memorycard lalu Hubungkan android anda ke komputer melalui kabel USB ( tanpa menggunakan baterai ) lalu Tekan yang lama pada tombol power dan tombol volume up + Volume down sampai terdengar bunyi “beep” di komputer, Jika tidak terdengar Bunyi tekan terus 1-3 menit, lalu pasang baterai, segera cobalah masuk ke download mode, jika berhasil segera lakukan Flashing .
  • Cara Ketiga : Cabut simcard, memory card serta baterai lalu diamkan Smartphone android anda selama 2-3 hari. Setelah itu coba nyalakan/masuk ke download mode lalu Flashing.
2. Cara Mengatasi HardbrickBrick dengan Aplikasi One Click Unbrick :
  1. Siapkan Komputer dan sudah Terinstal Java jika tidak punya >> Unduh java Disini
  2. Download one click unbrick >> Disini dan Extrak
  3. Hubungkan android anda dengan kabel data ke PC/laptop .
  4. Jalankan Software one click unbrick .
  5. "Click unsoft brick" lalu tunggu hingga muncul pesan error, setelah muncul tanda eror pilih "Resolution Center".
  6. Slenajutnya Klik extract current folder di folder heimdall .
  7. Salin file one-click unbrick dan one click loader yang sudah di unduh ke folder heimdall .
  8. Selanjunya tinggal Klik kanan pada One click loader, lalu pilih run as administrator
  9. Lalu Klik kembali unsoft brick maka akankeluar pesan eror, lalu biarkan saja pesan tersebut .
  10. Restart komputer anda .
  11. Dan cabut semua kabel data, kartu sim, sd card, baterai .
  12. Setelah dicabut semua , pasang lagi hanya baterainya .
  13. Dan langkah Terakhir Masuk ke download mode dengan menekan 3 tombol ( volume bawah + home + power )
Jika semua langkah yang saya berikan tidak berhasil kemungkinan hal tersebut terjadi kerusakan pada Hardware Android anda dan bawalah pada Service Center android anda tetapi jika anda berhasil masuk pada Download Mode berarti anda sudah berhasil melakukan Proses Unbrick ini, anda hanya perlu melakukan Flashing android anda, Selamat Mencoba semoga artikel Cara Memperbaiki HP Android yang Brick/Mati Total ini bermanfaat untuk anda dalam mengatasi Handphone android yang Mati layar hitam Blank.

Masuk ke menu recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
Catatan : Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
Tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Dalam menu recovery mode,  biasanya Anda tidak dapat menggunakan touch screen, atau tidak berfungsi. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berada pada menu recovery mode, pilihlah fitur “Wipe Data / Factory Reset” selanjutnya restart handphone Anda.
Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  1. Seabiknya daya baterai masih cukup (minimal 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
  4. Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone
Jika Anda mengalami boot loop pada handphone/tablet Android, demikian juga jika Anda lupa akan password atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. 
Untuk masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Pada masalah HP Android Bootloop, jika factory reset ternyata tidak bisa mengatasi masalah boot loop atau Android tetap tidak bisa masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau installulang sistem operasi handphone).
Pada setiap merk ponsel  juga memiliki beberapa jenis sistem operasi, diantaranya Android, Blackberry OS, Firefox OS, iOs, MeeGo, Palm OS, Symbian, Web Os, Windows Phone, dan yang terakhir adalah Ubuntu Mobile. Dimana setiap sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Untuk kali ini yang kita bahas adalah tentang ponsel smartphone berbasis Android. Android ini sendiri merupakan sebuah sistem operasi  yang telah dikembangkan berdasarkan sistem kernel Linux, sehingga dikategorikan dalam sistem operasi yang bersifat terbuka.
Hampir semua vendor ponsel ternama saat ini telah menggunakan Android sebagai OS andalannya. Di negara kita sendiri ponsel Android sudah memiliki begitu banyak peminat sekaligus penggunanya. Meskipun banyak yang telah menggunakan ponsel Android, terkadang ponsel Android ini sendiri kerap sekali menemui beberapa kendala.
Salah satunya adalah ponsel tersebut tiba-tiba mati, dan tidak bisa dihidupkan kembali, sebenarnya masih menyala, tapi hanya sampai pada logo merk ponsel tersebut.
Jika anda mengalami hal menyebalkan seperti diatas  anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya ingin berbagi Tips Cara Mengatasi Hp Android Mati Total. Ada 3 cara mengatasi hal tersebut berdasarkan tingkat kerusakannya, yaitu:

Tips Jitu Cara Mengatasi Hp Android Mati Total

1.      Android Light Bootloop (Bootloop Ringan)

Pada tingkatan ini bisa terjadi karena faktor cache yang sudah penuh, sehingga sistem Android mengalami kelelahan dalam beroperasi dan membutuhkan penyegaran atau refresh. Salah satu penyebabnya adalah pada saat kita menggunakan suatu aplikasi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama, atau meng-instal aplikasi yang didalamnya terdapat masalah yang bisa menyebabkan error. Solusi pada tingkatan ini tergolong sangat mudah. Cara mengatasinya adalah:
  • Matikan Ponsel
  • Lepaskan komponennya (Baterai, Kartu Memori, dan Sim)
  • Tunggu hingga 20 menit
  • Pasang kembali komponennya (Baterai, Kartu Memori, dan Sim)
  • Hidupkan kembali

2.      Android Medium Bootloop ( Bootloop Tingkat Menengah)

Pada tingkatan menengah ini biasanya terjadi karena kesalahan proseder yang di akibatkan oleh proses rooting. Yaitu karena melakukan tweaking scara berlebihan seperti, mengotak-atik sistem android, melakukan kustomisasi tema, modifikasi bootscreen, dan sebagainya yang mengakibatkan malfungsi. Cara mengatasinya adalah:
  • Matikan ponsel
  • Lepaskan komponennya (Baterai, Kartu Memori, dan Sim)
  • Hidupkan kembali
  • Masuk mode recovery tekan tombol-tombol seperti VOL+, VOL-, HOME, POWER (coba sendiri, karena setiap merk dan tipe android yang berbeda urutannya juga berbeda) tekan hingga keluar menu seperti gambar dibawah ini
  • Pilih wipe data / factory reset
  • Reboot system now

3.      Android Hard Bootloop (Bootloop Fatal)

Bootloop pada tingkat ini biasanya terjadi karena pengguna melakukan proses root dan tweaking secara berlebihan, seperti  mengubah atau menghapus elemen, aplikasi atau file android yang berperan penting dan sangat dibutuhkan oleh sistem android itu sendiri. Solusi untuk masalah ini cukup rumit, karena kerusakan yag terjadi merupakan kerusakan fatal. Kerusakan seperti ini mengharuskan sistem android untuk di instal ulang, dan sebelumnya kita harus mengetahui secara detail perangkat yang kita gunakan, karena proses instal ulang ini tidak sama pada masing-masing setiap perangkat android. Jika anda ingin melakukan Flashing sendiri, anda harus paham betul bagaimana cara instal ulang. Tapi saya sarankan jika terjadi hard bootloop pada android anda, lebih baik langsung dibawa ke service senter-nya saja, dari pada terjadi kesalahan pada proses Flashingnya dan membuat ponsel android anda tidak bisa diperbaiki lagi.

Demikian pembahasan tentang CARA GAMPANG MEMPERBAIKI  HP ANDROID  YANG MATI TOTAL yang bisa saya jabarkan, semoga bisa bermanfaat bagi para para pembaca semuanya, dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas waktunya karena berkenan telah berkunjung ke halaman kami.

SUMBER :
 http://masnazar.com/cara-mengatasi-android-bootloop-mati-total-dan-tidak-mau-start/


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com


“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“