KOMPUTER

"Kenali PC Anda"

Selasa, 12 Januari 2016

POKOK PENGERTIAN SERTA JENIS OPERATOR INCREMENT DAN DECREMENT





Operator Increment dan Decrement adalah operator yang mempersingkat pembuatan kode program. Dalam tutorial kali ini kita akan membahas Pengertian, Jenis-jenis serta cara penggunaan Operator Increment dan Decrement dalam PHP.

Pengertian Operator Increment dan Decrement PHP

Operator Increment dan Decrement adalah penyebutan untuk operasi sepert $a++, dan $a–. Jika anda telah mempelajari bahasa pemograman lain, operasi increment dan decrement ini sering digunakan dalam perulangan (looping).
Increment digunakan untuk menambah variabel sebanyak 1 angka, sedangkan decrement digunakan untuk mengurangi variabel sebanyak 1 angka. Penulisannya menggunakan tanda tambah 2 kali untuk increment, dan tanda kurang 2 kali untuk decrement. Penempatan tanda tambah atau kurang ini boleh diwal, atau diakhir variabel, namun keduanya memiliki perbedaan, sehingga terdapat 4 jenis increment dan decrement dalam PHP.

Jenis Operator Increment dan Decrement dalam PHP

Berikut adalah tabel 4 jenis operator increment dan decrementdalam PHP:


Dari tabel diatas terlihat bahwa terdapat 2 jenis increment, yaitu Pre-increment, dan Post-Increment, dan 2 jenis decrement, yaitu Pre-decrementdan Post-decrement. Perbedaan keduanya terletak pada posisi mana tanda tambah atau kurang diletakkan.

Cara Penggunaan Operator Increment dan Decrement

Untuk memahami cara penggunaan operator increment dan decrement, berikut contoh kode program PHP:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
<?php
echo "<h3>Postincrement</h3>";
$a = 5;
echo "\$a = $a <br />";
echo "\$a akan bernilai 5: " . $a++ . " (\$a++)<br />";
echo "\$a akan bernilai 6: " . $a . "<br />";
  
echo "<h3>Preincrement</h3>";
$a = 5;
echo "\$a = $a <br />";
echo "\$a akan bernilai 6: " . ++$a . " (++\$a)<br />";
echo "\$a akan bernilai 6: " . $a . "<br />";
  
echo "<h3>Postdecrement</h3>";
$a = 5;
echo "\$a = $a <br />";
echo "\$a akan bernilai 5: " . $a-- . " (\$a--)<br />";
echo "\$a akan bernilai 4: " . $a . "<br />";
  
echo "<h3>Predecrement</h3>";
$a = 5;
echo "\$a = $a <br />";
echo "\$a akan bernilai 4: " . --$a . " (--\$a)<br />";
echo "\$a akan bernilai 4: " . $a . "<br />";
?>
Contoh kode program diatas terlihat agak rumit, namun sebagian besar hanyalah pengaturan format agar hasilnya tampil rapi seperti berikut ini:



Terlihat bahwa Post-increment ($a++), akan memberikan hasilnya dulu, baru menambahkan nilai variabel $a sebanyak 1 angka, namun dengan Pre-increment, $a akan ditambahkan 1 angka, baru nilainya ditampilkan. Begitu juga hal nya dengan operasi Post-decrement dan Pre-decrement.

Di atas  kita telah membahas tentang operator Increment dan Decrement dalam PHP dan perbedaan Post-Incrementdan Pre-Increment. Memahami perbedaan ini akan memudahkan kita dalam menulis dan menghindari penulisan kode program yang tidak diinginkan.

Pengulangan for dibedakan menjadi 2, pengulangan menaik (increment) dan pengulangan menurun (decrement). Untuk membedakannya perhatikan contoh program berikut:

#include <QtCore/QCoreApplication>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])
{
    QCoreApplication a(argc, argv);
    cout<<"Pengulangan Naik"<<endl;
    int C;
    for (C=0; C<=5; C++){
        cout<<C<<endl;
}
    cout<<"Pengulangan Turun"<<endl;
    int B;
    for (B=5; B>0; B--){
        cout<<B<<endl;
}
    return a.exec();
}

Hasil program ketika dijalankan:



Penjelasan:
Secara prinsip sebenarnya sama antara pengulangan menaik dan menurun, bedanya terdapat pada:
Pengulangan naik (increment) nilai awal dari variabel, diisi lebih kecil dari pada nilai akhir yang ditulis pada kondisi. Sebaliknya, pada pengulangan menurun (decrement), nilai awal didefinisikan lebih besar dari pada nilai akhir yang ditulis pada kondisi.
Pengulngan naik menggunakan variabel ++, pengulangan menurun menggunakan variabel --.

Catatan:
Secara default struktur for menaikkan atau menurunkan dari sebuah variabel indek dengan nilai 1 dengan penulisan varabel C++. Untuk menaikkan atau menurunkan dengan nilai yang lain, cukup dilakukan dengan mengganti indek dengan nilai lainnya. Perhatikan program berikut:

#include <QtCore/QCoreApplication>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])
{
    QCoreApplication a(argc, argv);
    cout<<"Pengulangan Naik"<<endl;
    int C;
    for (C=0; C<=25; C+=5){
        cout<<C<<endl;
}
    cout<<"Pengulangan Turun"<<endl;
    int B;
    for (B=25; B>0; B-=5){
        cout<<B<<endl;
}
    return a.exec();
}

Hasil ketika program dijalankan:



Penjelasan:
Nilai indek variabel ++ yang semula C++ diubah dengan C+=5, hasil pengulangan naik menjadi 0, 5, 10, 15, 20, 25 (kelipatan 5). Demikian juga utuk increment,  nilai indek variabel -- yang semula C-- diubah dengan C-=5, hasil pengulangan menurun menjadi 25, 20, 15, 10, 5 (kelipatan 5)


Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

(SUMBER :http://berbagisesamaguru.blogspot.co.id/2016/01/pengulangan-for-increment-dan-for.html)
http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-jenis-jenis-operator-increment-dan-decrement-php/

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com


“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“