KOMPUTER

"Kenali PC Anda"

Sabtu, 16 Januari 2016

CARA PALING PRAKTIS MEMPERBAIKI CPU /KOMPUTER YANG RUSAK







Bila Personal Komputer  anda mati total, hal itu  bisa disebabkan oleh beberapa faktor, kerusakan bisa terjadi pada CPU (central processing unit) atau monitor komputer. Sebelum memperbaiki komputer mati total, langkah awal yang harus dilakukan adalah mendiagnosa kerusakannya terlebih dahulu.

Kasus komputer mati total atau rusak ini sering kali terjadi, baik pada komputer built up maupun komputer rakitan. Indikasi komputer mati total biasanya terlihat dari lampu led mati, kipas tidak berfungsi, aliran listrik tidak ada dan monitor blank.

Cara memperbaiki komputer mati total

Mati total pada komputer biasanya disebabkan oleh kerusakan power supply, kerusakan RAM, kerusakan pada motherboard atau processor.

1. Cara memperbaiki komputer mati total akibat power supply rusak

Komputer yang mati total akibat kerusakan pada power supply indikasinya lampu led mati dan kipas tidak berfungsi. Rusaknya power supply menyebabkan aliran listrik ke CPU tidak ada, sehinga hardware yang terdapat di CPU tidak mendapat daya untuk bekerja. Akhirnya komputer tidak bisa berfungsi sama sekali alias matot. Cara memperbaikinya adalah dengan mencabut power supply kemudian ganti dengan yang baru. Sesuaikan jenis dan ukuran power supply baru dengan power supply rusak. Kalau perlu bawa contoh power supply yang rusak tadi ke toko penjual hardware komputer.

2. Cara memperbaiki komputer mati total akibat motherboard rusak

Kerusakan pada motherboard (mainboard) adalah kerusakan komputer paling parah. Kalau motherboard rusak maka semua hardware dalam CPU tidak akan berfungsi, karena hardware-hardware tersebut menempel pada motherboard. Cara mendiagnosanya, coba cabut processor dan RAM lalu pasang pada motherboard lain yang sejenis. Kalau processor dan RAM tersebut berfungsi dengan baik, dapat dipastikan motherboardnya mati. Atau lakukan sebaliknya, motherboard yang dicurigai mati ditempel RAM dari PC lain. Cara mudah memperbaikinya yaitu mengganti motherboardnya saja.

3. Cara memperbaiki komputer mati total akibat processor rusak

Komputer mati total pada motherboar offboard di beberapa kasus terjadi karena kerusakan processor. Tanda kerusakan processor biasanya CPU mengeluarkan bunyi seperti CPU tanpa processor. Untuk meyakinkan bahwa processor betul rusak atau tidak, anda bisa mencoba memasangnya di motherboard lain yang sejenis. Kalau sudah yakin processornya rusak, ganti dengan processor baru, jangan lupa periksa kipas harus bekerja dengan baik. Sedangkan untuk motherboard onboard terpaksa harus diganti satu paket dengan motherboardnya.

4. Cara memperbaiki komputer mati total akibat RAM rusak

Komputer mati total juga bisa disebabkan oleh RAM mati. RAM rusak atau mati biasanya menimbulkan bunyi pada CPU ketika dinyalakan. Cara memperbaikinya cabut RAM, bersihkan soketnya lalu pasangkan kembali dan coba nyalakan komputer. Kalau setelah dicoba berkali-kali tidak berhasil, berarti anda harus mengganti dengan RAM baru.
5.Cara service / memperbaiki komputer yang  Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan di Monitor
Cara Memperbaiki CPU  Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan di Monitor adalah hal yang selalu membuat bingung untuk mencari solusi bagian mana yang rusak, sesuai analisis perkiraan kita yang jelas hati kecil berkata kalo gak CPU yang jelas yang rusak adalah Monitornya, namun kali ini Pak Galih mesharing beberapa kasus yang pernah di tangani yaitu Memperbaiki CPU Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan di Monitor, untuk itu silahkan simak teori berikut :

Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA. Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC-nya yang rusak. Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU. Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru. Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me- restart sendiri atau hang. 


Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja. Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya. Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti eror vxd at address, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas. Coba anda install ulang Windows. Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat. CMOS Checksum Failure (Baterai Low) Gejala kerusakan & Solusinya : Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut. Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).

6.Cara memperbaiki Mother Board ,HardDisk,BIOS,CPU yang rusak
Cara Memperbaiki Masalah Pada Mother Board

Gejala :
Setelah
dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas processor berputar, tidak adas uara beep di speaker.

Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung kelistrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepassemuasekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabelt egangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru.Begitu jugadengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya).Sekarang yang menempel pada cashing hanyaMotherBoard saja.Silahkan anda periksaMotherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak adatanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi adakalanya Mboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS


Cara mempebaikiMasalahPada Hard Disk
http://t3knik-komput3r.blogspot.co.id/2012/02/cara-memperbaiki-motherboard.html
Gejala :
Pada
saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor adapesan "harddisk  error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan "press F1 to continou" setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan "Operating system not found".

Solusi :
Periksa
kabel tegangan

Mengatasi
Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW

Gejala :
Jenis
kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak
terdeteksi di windows
2. Tidak
bias keluar masuk CD
3.Tidak
bias membaca/menulis/hanya bias membaca saja. (CD)
4. Tidak
bias membaca/menulis/write protect (Floppy disk)

Solusi :
1) Periksa
kabel data dan kabel tegangan yang masukke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? Sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2) Kerusakan
ada pada mekanik motor atau karet motor.
3) Kerusakan
Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bias diperbaiki dengan cara men-set ualngoptiktersebut.
4) Head Kotor, bias
dibersihkan menggunakan Cuten bud


Cara memperbaikiMasalahBIOS


Gejala :
Hati-hati
dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versiBios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masukke BIOS.

Solusi :
Biasanya Update tidak
dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan  kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim keProdusen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya.Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Gejala :
CPU mengeluarkan
suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.

Solusi :
Bunyi Beep menandakan
adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bias jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa masalah tersebut.
Pesan
kesalahan BIOS
Bunyi
kesalahan BIOS biasanya tidaks emua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.



AMI BIOS
Beep 1x :
RAM/Memory tidak
terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

AWARD BIOS
Beep 1x Panjang :
RAM/Memory tidak
terpasang  dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bias juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.


Cara memperbaiki
Batrey CMOS Rusak / Lemah

Gejala :
Muncul
Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembalike Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.

Solusi :
Segera
Ganti Batreynya


Masalah System CPU

Gejala : CPU yang sering Hang???
Solusi :
Ada beberapa
factor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoardKotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nyasudahlemah, Power Supply tidakstabil.....sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal,

Gejala :
Komputer
sering tampil blue screen apa penyebabnya?
Solusi :
Pesan Blue Screen bias
disebabkan system windows ada yang rusak, Bisadari Memory, Bisa dari hardisk, bias dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.

Gejala :
Komputer
jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahala walnya tidak begitu lambat

Solusi :
Penyebab
computer anda prosesnya lambat ada beberapa factor  yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.

File Hilang

File hilang, partisi
hancur, atau system rusak? Tak perlu risau. CHIP melemparkan ban penyelamat untuk data Anda yang berharga. Tak soal apakah pada hard disk, DVD, atau memory-card.Semua dapat dikembalikan.
Ketika
ada orang jatuh dari kapal kelaut, ban penyelamat perlu secepatnya dilemparkan.Bila ada data hilang dari PC Anda, secepatnya gunakan CHIP-DVD.Tak jadi soal apakah itu foto Anda yang tersimpan di SD-card, dokumen di hard disk, atau data pada DVD yang rusak.Tool dari CHIP dapat merekonstruksi semua  yang tampak hilang (tetapi belum tertimpa).
Untuk
setiap kasus CHIP memberikan sebuah workshop.Bila aksi penyelamatan sederhana gagal, ada tip-tip selanjutnya.Pengguna berpengalaman yang tidak membutuhkan tampilan program dapat merestorasi partisi yang terhapus melalui baris perintah.Selain itu, CHIP juga telah mengemas program-program kecil yang pintar untuk mencegah hilangnya data. Tool-tool ini akan menyimpan file-file penting untuk menyelamatkan data Anda bahkan, sebagiand ilakukan secara otomatis


7.Cara Memperbaiki CPU Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor

Untuk kali ini ane akan berbagi pengalaman dan sekaligus curhat. Tapi bukan curhat soal hubungan asmara, melainkan curhat soal komputer. Ceritanya berawal dari sini.

Waktu itu ane pengen sekali beli PC baru, karena tidak minat banget karena harganya yang mahal, akhirnya ane putuskan untuk beli PC (CPU saja) bekas yang speknya lebih bagus dari PC lawas punya ane.

Ane beli PC berspesifikasi berikut ini :
- Prosesor : Intel Pentium 4 D2.66 (dual CPU)
- RAM : 1 Gb
- HDD : 160 Gb
- VGA : PCIE 128 Mb Nvidia Geforce
- mobo : Ggabyte serinya belum ane liat

Ya itulah spesifikasi PC yang ane beli, idep-idep punya pc yang lumayan cepet buat multymedia. Itu second lho, bukan baru, kalau baru belum kuat belinya. Setelah kurang lebih 2 hari ane pake, rata-rata sehari ane gunain 13 Jam tanpa dimatikan, alias nyala terus selama 13 jam sehari.

Dan ane gak nyangka gak mengira, tepat di hari pilihan caleg 9 April kemarin, ane nyalain bisa nyala. Ane pake internetan, belum sampe 1 jam, tiba-tiba Monitor mati (gelap) dan suara kipas cpu semuanya menjadi pelan putarannya. Tapi masih posisi hidup cpu-nya. Ane belum begitu panik, karena pernah ngalamin seperti ini di PC ane sebelumnya. Kemudian ane matikan listrik yang mengalir ke cpu, kemudiah ane nyalain lagi, dan alhasil PC tetap hidup tapi gak bisa tampil ke monitor. Yang ane curiga adalah fan nya yang kecepatannya menjadi berkurang.

Setelah kejadian itu, ane langsung benerin sendiri sebisanya, seperti lepas Ram dan bersihin kuningannya pake penghapus, cabut konektor HDD, buka prosesor dan bersihin kemudian dipasang lagi, hasilnya tidak berubah tetap seperti tadi. Kemudian sehari berikutnya ane langsung pergi ke servis komputer terdekat, biar tau apa sih kerusakannya, maklum ane bukan ahli komputer, tapi masih belajar. Kenapa tidak digaransikan? karena tempat ane dengan tempat ane beli CPU second itu jauh, jadi males aja, hehe, pengen yang cepet.

Di tempat servis ternyata kerusakan terjadi pada Power Supply, dan yang saya sayangkan Prosesornya ikutan rewel, kata mas tukang servisnya karakter prosesornya terlalu panas jadi gak mau hidup. Berikut penampakan PC-nya dan yang diganti.


Itu semua sekarang sudah kembali normal dengan mengganti piranti yang rusak yaitu prosesor dan PSu. Ane beli prosesor yang bekas saja seharga Rp 70K, dan PSu nya baru tapi ya masih ecek-ecek mereknya Buffalo. Tapi tak apa yang penting sekarang lancar jaya kembali dan bisa untuk internetan lagi.

Itulah pengalamanku beli PC bekas, jadi kesimpulannya, kalau beli CPU bekas, harus siap tanggung kerusakan, karena kita tidak tau apa penyebab CPU itu dijual. Terimakasih

Demikianlah tips sederhana tentang Cara Paling Praktis Memperbaiki CPU/Komputer yang Rusak. Semoga artikel ini berguna, terima kasih telah berkunjung!
SUMBER :
 http://banjarwangi.com/blog/2015/05/26/cara-meperbaiki-komputer-mati-total/
http://pakgalih.blogspot.co.id/2013/01/cara-memperbaiki-cpu-nyala-tapi-tidak.html
http://www.lagipromo.net/2014/04/cara-memperbaiki-cpu-hidup-tapi-tidak.html



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com


“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“